Cara Membuat Carousel Instagram Dengan Canva

Sekarang ketika mendengar kata Carousel, mereka yang biasa membuka media sosial pasti ingat Instagram. Pembuat konten berlomba-lomba membuat carousell Instagram. Tapi sudahkah anda mengetahui cara membuat carousel instagram.

Ini karena algoritma instagram yang diubah. Dilihat dari visual feed-nya saja tidak begitu istimewa dibandingkan postingan ‘slide’ alias slide feed gambar dengan tipe Carousel.

Kemudian, blog saya dikunjungi oleh seseorang yang sedang mencari cara membuat feed Instagram Carousell dengan Canva. Apakah kamu tidak tahu?

Mari kita bahas satu persatu cara membuat Instagram Carousell termasuk yang mulus tanpa terputus.

Apa itu Korsel Instagram?

Carousel on Instagram merupakan bentuk format konten di Instagram berupa kumpulan feed dan dinikmati oleh pengunjung dengan menggunakan slide atau panah menyamping.

Dengan kata lain, pembaca tidak hanya menggulir layar ke bawah. Jika Anda melihat konten Carousel, maka tekan panah ke samping.

Jenis konten yang dimulai pada tahun 2017 ini bahkan dapat digunakan dalam bentuk iklan atau iklan, sehingga pengiklan dapat memasukkan lebih banyak informasi.

Mengapa Menggunakan Instagram Carousel

Jika diperhatikan, sekarang ini banyak sekali akun Instagram yang berisi tutorial atau jenis konten lainnya dalam bentuk Carousel.

Sementara orang-orang mengejar suka, Instagram mengubah algoritmenya. Wawasan menjadi lebih baik ketika akun kami memiliki interaksi fitur gesek Carousel ini.

Selain mengejar wawasan yang baik, fitur Carousel ini memungkinkan pengunjung untuk dengan mudah melihat konten kami. Kalaupun bagus dan bermanfaat bisa meningkatkan popularitas akun kita. Reach atau jangkauan postingan kita bisa lebih luas bahkan menambah followers.

Wow, wajar jika orang beralih ke Carousel. Konten yang bagus bisa mendapatkan banyak bonus.

Sedangkan untuk saya sendiri, alasan pembuatannya karena ada variasi isi feed. Meski butuh sedikit usaha lebih untuk membuatnya, saat diposting, ada rasa puas yang berbeda. Itu benar, setelah Anda membuatnya, Anda akan ingin melakukannya lagi.

Cara Mudah Membuat Korsel Instagram Dengan Canva

Tidak hanya dari mesin pencari Google, ketika saya menjadi sumber foto produk, saya mendapat pertanyaan tentang cara membuat Instagram Carousell. Sebenarnya tidak sulit lho, untuk membuat konten ‘slide’ ini, jika kamu sudah tahu apa yang ingin kamu lakukan.

Cara Membuat Carousel Instagram

Berikut langkah-langkahnya:

1.Membuat Kanvas

Pertama dan tidak boleh dilewatkan adalah mengetahui panjang kali lebar kanvas atau halaman kosong yang digunakan untuk membuat Carousel.

Jika Anda ingin membuat versi yang mulus, panjangnya harus 1 kali jumlah kotak umpan yang akan diposting. Misalnya ada 4 kotak, jadi pilih file kustom saat membuat file baru dan isi kolom menjadi 1080 x (1080×4). 1080 piksel adalah panjang standar dikalikan lebar postingan Instagram di Canva.

Jika Anda ingin membuat sesuatu yang tidak mulus, Anda dapat membuat file posting Instagram biasa dan cukup menambahkan halaman per file Canva.

Harus diingat bahwa maksimal postingan Carousell kami hanya 10 box.

2.Membuat Panduan

Untuk membuat versi mulus, penting untuk membuat panduan atau panduan lebar kotak. Hal ini agar kita bisa mengukur luas kanvas per kotak feed sehingga saat dipost tidak akan terpotong.

Panduan ini menggunakan elemen versi persegi yang disesuaikan dengan panjang kanvas.

Sebaiknya panduan kotak ini dikunci atau dikunci menggunakan fitur kunci Canva agar tidak bergeser saat kami mengisi kotak dengan konten lain.

3.Mengisi Konten dan Desain

Tahap selanjutnya tinggal mengisi konten dengan teks, foto atau elemen ke dalam kotak feed. Tentu saja, jika Anda memilih versi mulus, Anda harus hati-hati memasukkan foto atau elemen di sisi kanan atau kiri kotak umpan agar seimbang.

Anda juga dapat memasukkan watermark akun Instagram Anda atau judul konten Carousell Anda sebagai footer atau header per halaman.

Menambahkan ajakan bertindak di akhir kotak Carousell yang umumnya dilakukan oleh para instagrammer. Seperti undangan untuk menyimpan konten, mengunjungi situs atau berbagi.

Jangan lupa untuk menghapus panduan jika tidak diperlukan untuk menyimpan gambar atau untuk konten secara keseluruhan.

4.Menyimpan Gambar dan Memisahkan Per Kotak Umpan

Kalau sudah oke, isi Carousell kamu, simpan saja gambarnya. Jika Anda menggunakan versi mulus, Anda harus terlebih dahulu memecah gambar menjadi kotak menggunakan perangkat lunak atau aplikasi lain.

Saya sering menggunakan aplikasi pembuat Instagrid, kalau dari hp, karena lebih mudah.

Tetapi jika Anda mau dari situs web Canva, Anda dapat:

  • Buat Canvas atau file baru dengan format postingan instagram.
  • Buat beberapa halaman dalam 1 file tersebut, sesuai dengan jumlah kotak Carousel yang Anda buat.
  • Kemudian unggah gambar Instagram Carousell yang sudah jadi.
  • Masukkan gambar per kotak, sesuaikan per halaman. Langkah ini harus hati-hati
  • Simpan semuanya dan hanya itu. Canva akan mengekspor sesuai dengan jumlah halaman yang dibuat

5. Posting

Jika semuanya lancar dan file sudah terbelah, langkah selanjutnya tinggal upload gambar dan kotak-kotaknya ke Instagram. Anda dapat melakukan pratinjau atau pratinjau menggunakan aplikasi Pratinjau.

Penutupan

Jika Anda ingin membuat carousell Instagram, kembalilah antara perhitungan dan kreativitas. Semuanya mudah ketika Anda merencanakannya.

Jika perhitungan Anda tepat, upaya membuat konten carousell insya Allah akan membuahkan hasil yang baik. Demikianlah postingan tentang cara membuat carousel instagram.

2 thoughts on “Cara Membuat Carousel Instagram Dengan Canva”

Leave a Comment