Apa Itu Bitcoin Wallet Address ?

Cryptocurrency seperti Bitcoin (BTC) adalah aset digital yang tidak memiliki bentuk fisik. Ini membuat cryptocurrency tidak dapat ditempatkan di dompet biasa. Oleh karena itu diperlukan suatu program yang berperan sebagai tempat penyimpanan dan pengelolaan aset digital pengguna dan ini dikenal dengan Bitcoin Wallet Address.

Secara konseptual, dompet kripto (seperti dompet bitcoin) adalah tempat di mana pengguna dapat menyimpan saldo kripto (seperti Bitcoin, Ethereum, atau USDT) dengan aman, ringkas dan efektif. Dompet kripto (seperti dompet Bitcoin) adalah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna mengirim dan menerima kripto bitcoin.

Masalahnya, berbeda dengan istilah “dompet digital” yang biasa Anda gunakan di Indonesia, dompet kripto sebenarnya tidak menyimpan mata uang digital. Aset Crypto seperti Bitcoin dan Ethereum tidak bisa ditempatkan di dompet.

Apa itu Bitcoin Wallet Address ?

Bitcoin Wallet Address adalah alamat yang mirip dengan rekening bank, setiap dompet atau dompet akan memiliki alamat yang unik.

Alamat dompet Bitcoin adalah alfanumerik dan selalu dimulai dengan 1,3 atau bc1 dan panjangnya 26-35 karakter. Saat ini ada tiga format alamat Bitcoin yang digunakan.

1. P2PKH (alamat dimulai dengan angka “1”)

  • Contoh: 1BvBMSEYstWetqTFn5Au4m4GF

2. P2SH (alamat dimulai dengan angka “3”)

  • Contoh: 3J98t1WpEZ73CNmQviecrnyiWrnqRhWNLy

3. Bech32 (alamat dimulai dengan “bc1”)

  • Contoh: bc1qar0srrr7xfkvy5l643lydnw9re59gtzzwf5mdq

Anda dapat membagikan alamat bitcoin Anda dengan orang lain untuk memberi tahu mereka cara mengirim koin ke dompet Anda.

Cara Kerja Dompet Crypto

Dompet kripto adalah perangkat lunak yang menyimpan kunci pribadi yang digunakan untuk menemukan kepemilikan, menerima, atau membelanjakan mata uang kripto. Aset kripto ini (seperti Bitcoin atau IDRT) tidak ada di dompet, tetapi terletak dan dikelola di blockchain.

Kunci pribadi adalah kode rahasia yang digunakan untuk membuat “tanda tangan digital” saat Anda melakukan berbagai transaksi bisnis di blockchain, seperti mengirim atau menerima kripto. Setiap Kunci Pribadi memiliki pasangan kunci publik.

Saat Anda melakukan transaksi bisnis di jaringan blockchain, perangkat lunak dompet Anda akan mengirimkan data transaksi bisnis dan tanda tangan digital yang dibuat oleh dompet kunci pribadi Anda.

Hanya transaksi bisnis dengan tanda tangan digital yang tepat yang akan diproses di jaringan blockchain. Dengan kata lain, kunci pribadi adalah kunci kepemilikan aset digital di blockchain.

Cara Mendapatkan Bitcoin Wallet Address

Jika Anda ingin menjadi pengguna Bitcoin. Oleh karena itu, Anda harus terlebih dahulu membuat dompet Bitcoin yang memungkinkan Anda mengirim, menerima, menyimpan Bitcoin, dan mengamankan Bitcoin sebelum digunakan.

Ada empat jenis dompet Bitcoin yang dapat Anda gunakan: Wallet seluler, Wallet situs web, Wallet desktop, dan Wallet perangkat keras.

1. Wallet seluler

Dompet seluler dapat digunakan di ponsel, adalah dompet yang mudah dijangkau, tetapi penyedia layanan dompet juga akan memiliki kunci dompet Anda, sehingga mereka memiliki risiko peretasan yang lebih tinggi dan membuat Bitcoin Anda tidak sepenuhnya aman.

2. Wallet Situs web

Dompet ini hampir mirip dengan dompet ponsel, mudah dijangkau dan digunakan. Namun tetap berisiko karena seseorang mengetahui beberapa detail pribadi Anda, seperti nomor telepon, alamat email, dan tanggal lahir Anda.

Beberapa dari data tersebut dapat disalahgunakan untuk meretas akun Anda dan mengambil semua aset Anda. Oleh karena itu, Anda harus waspada dan memberi tahu operator atau penyedia layanan untuk memberikan peringatan jika ada sesuatu yang aneh di akun Anda. Pastikan Anda tidak membagikan data itu dengan sembarang orang.

3. Wallet Desktop

Dompet desktop adalah program perangkat lunak yang dapat Anda instal di komputer Anda. Mereka semakin aman daripada dompet seluler dan situs web, tetapi peretas masih dapat menjelajahi tanggung jawab dalam keamanan, seperti mengekstrak frasa akun yang tidak terenkripsi, untuk mengambil bitcoin Anda.

4. Wallet perangkat keras

Dompet perangkat keras seperti hard drive eksternal untuk Bitcoin Anda. Ini adalah perangkat fisik yang dapat Anda gunakan di komputer. Dompet perangkat keras adalah cara teraman untuk menyimpan bitcoin Anda karena membatasi eksposur dana. Namun agar perangkat ini aman dan berfungsi dengan baik, pastikan Anda meletakkannya di lokasi yang aman.

Setelah Anda memilih jenis dompet yang ingin Anda gunakan dan menyelesaikan langkah-langkah pendaftaran, Anda akan mendapatkan alamat dompet Bitcoin.

Berikut juga kami hadirkan penjelasan singkat dalam vidio semoga berguna untuk anda!

Leave a Comment

Exit mobile version